Pilkada Damai di Kabupaten Melawi
Berita Nasional

Deklarasi Pilkada Damai Kabupaten Melawi: Langkah Nyata Menuju Pemilu Serentak 2024 yang Aman dan Bermartabat

Melawi, Kalimantan Barat – Komitmen kuat telah ditunjukkan oleh komunitas di Kabupaten Melawi untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung dengan aman dan penuh integritas. Keseriusan inisiatif ini ditandai dengan penyelenggaraan Deklarasi Pilkada Damai oleh Forum Pemuda Dayak (FOPAD) Kabupaten Melawi pada hari Kamis, tanggal 8 Agustus, di Hotel Amaranta, yang berlokasi di Jalan Provinsi Sintang-Nanga Pinoh Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh.

Acara penting yang mengusung tema “Mewujudkan Kamtibmas dari Kab. Melawi untuk Indonesia” ini dihadiri oleh Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i, Staf Ahli Bupati Melawi Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik mewakili Bupati Melawi, LO Kodim 1205 Sintang, para anggota dari Bawaslu, KPU, DPRD Kabupaten Melawi, perwakilan dari partai politik, organisasi kemasyarakatan dan keagamaan, mahasiswa serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kegiatan Deklarasi Pemilu Damai ini, AKBP Muhammad Syafi’i tidak hanya mengungkapkan apresiasinya tetapi juga menekankan pentingnya keterlibatan semua elemen masyarakat. “Kita semua harus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan harus menunjukkan kepedulian kita dalam mewujudkan pilkada damai di Kab Melawi,” tuturnya.

Saleh Tapa, sebagai Ketua FOPAD Kabupaten Melawi, menggarisbawahi Deklarasi ini sebagai tanda kesediaan masyarakat Melawi untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024. “Momentum ini seharusnya bisa menjadi contoh bagi daerah lain bahwa masyarakat Kabupaten Melawi siap menyukseskan Pilkada dengan damai dan berintegritas,” tutur Saleh Tapa dengan penuh semangat.

Ketua KPU Kabupaten Melawi juga berbagi pandangan positif mengenai deklarasi tersebut, melihatnya sebagai tanda komitmen masyarakat Melawi dalam memastikan proses Pilkada berlangsung dalam suasana yang kondusif. “Agenda ini menjadi indikator bahwa masyarakat Kabupaten Melawi sepakat mempertahankan keharmonisan yang telah terjaga dengan baik,” ujarnya dengan tegas.

Staf Ahli Bupati Melawi Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Daniel Sanoba, yang turut memberi sambutan atas nama Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, berbicara mengenai pentingnya dukungan seluruh lapisan masyarakat. “Kegiatan ini membuktikan adanya semangat kesatuan untuk bersama-sama mewujudkan suasana Pilkada yang damai, jujur, adil, serta sesuai dengan prinsip langsung, umum, bebas, dan rahasia,” kata Daniel menjelaskan.

Puncak acara deklarasi diisi dengan pembacaan komitmen yang termuat dalam Deklarasi Pilkada Damai oleh Ketua FOPAD Kabupaten Melawi, Saleh Tapa, yang diikuti oleh semua hadirin. Isi komitmen tersebut meliputi penjagaan persaudaraan antar etnis dan agama, penyelenggaraan Pilkada 2024 yang aman, damai, dan demokratis, patuh pada peraturan dan perundang-undangan, penolakan terhadap isu politik yang memecah belah, serta upaya menjadikan Pilkada sebagai sarana pendidikan demokrasi bagi masyarakat.

Keberhasilan perjanjian bersama deklarasi ini diakhiri dengan penandatanganan oleh seluruh tamu yang hadir dan diikuti dengan seminar politik, merefleksikan komitmen serius yang telah dibangun untuk menyukseskan Pilkada Damai tahun 2024 di Kabupaten Melawi.

 

Author

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.