audiensi Senkom Mitra Polri dengan Kapolri
polri-1

Mengukuhkan Sinergi Keamanan Nasional: Audiensi Senkom Mitra Polri dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo Bahas Kerjasama Strategis

Jakarta – Menguatkan sinergi dalam penciptaan keamanan nasional, Senkom Mitra Polri melakukan audiensi bersejarah bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri. Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Katno Hadi Mangunagoro, didampingi Sekretaris Jenderal Nedy Wilbara beserta jajaran Pengurus Pusat lainnya telah bertemu pada hari Jumat (6/9/2024), membuka wacana strategis antara dua institusi ini.

Pertemuan tersebut berdiri sebagai pijakan penting untuk membicarakan agenda strategis dan memperbaharui kerangka kerjasama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak. Salah satu pokok bahasan yang mendapat sorotan tertinggi adalah tentang strategi pencegahan konflik dan upaya meredam potensi ketegangan menjelang Pilkada, yang menjadi kunci dalam menjaga stabilitas politik nasional.

H. Katno Hadi Mangunagoro menekankan pada pentingnya diskusi tersebut, mengutarakan, “Kami melaporkan perkembangan Senkom Mitra Polri yang kini sudah hadir di 37 provinsi. Selain itu, kami juga berdiskusi tentang program-program yang telah kami jalankan bersama Polri serta upaya memperkuat kerjasama di berbagai sektor.”

Sikap responsif ditunjukkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyambut baik inisiatif tersebut. Beliau mengapresiasi peran aktif Senkom Mitra Polri dalam membantu tugas-tugas kepolisian guna menciptakan kondisi yang kondusif bagi masyarakat.

Senkom Mitra Polri juga telah membuktikan kontribusi mereka dalam bidang keamanan lewat kolaborasi dengan BNPB, Basarnas, BNN, serta Kementerian Pertahanan, yang semakin memperkuat posisi mereka sebagai mitra strategis dalam urusan keamanan nasional. Mengenai sinergi dengan institusi keamanan lainnya, H. Katno Hadi menyatakan optimisme, “Kami berharap sinergi ini dapat terus diperkuat dan memberikan manfaat nyata bagi bangsa, terutama dalam menjaga keamanan Pilkada dan menghadapi tantangan keamanan lainnya di masa mendatang.”

Penutupan audiensi diwarnai dengan kesepakatan kuat untuk terus mengembangkan program Polri secara bersama, menjaga integritas layanan darurat, dan meningkatkan efektivitas kegiatan Senkom Mitra Polri. Kehadiran pejabat tinggi Polri lainnya, termasuk Kabaintelkam Komjen Pol Syahar Diantono, Kabaharkam Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, Kadiv Propam Irjen Abdul Karim, dan Kadiv Humas Irjen Pol Sandi Nugroho, menandakan dukungan serius dalam agenda keamanan nasional tersebut.

Dengan adanya perpanjangan MoU dan kesepakatan kerja sama baru, kedua institusi memiliki landasan yang lebih solid untuk bekerja bersama dalam mewujudkan keamanan nasional di masa depan, terutama dengan Jakarta sebagai pusat audiensi dan kerjasama yang strategis.

 

Author

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.