Polri Kirim Satgas FPU ke Afrika Tengah
Citra Polri

Polri Kirim Satgas FPU ke Afrika Tengah: Komitmen Indonesia dalam Misi Perdamaian Dunia

Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memperlihatkan dedikasi tinggi dalam misi perdamaian global dengan mengutus Satuan Tugas (Satgas) Formed Police Unit (FPU) ke-6 ke misi United Nations Multidimensional Integrated Mission in the Central African Republic (MINUSCA). Upacara pelepasan kontingen Garuda Bhayangkara diadakan di lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, pada hari Rabu, 18 September 2024, di bawah kepemimpinan Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto.

“Jadikan momentum upacara ini sebagai pemicu semangat agar rekan-rekan bisa melaksanakan tugas secara optimal tanpa mengesampingkan keselamatan dan mampu menorehkan prestasi di kancah internasional,” ujar Komjen Pol Agus Andrianto saat memberikan amanat. Komitmen ini mencerminkan peran serta Indonesia melalui Polisi Indonesia di MINUSCA dalam menjaga stabilitas dan perdamaian dunia sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Selain itu, Irjen Pol Krishna Murti, Kadiv Hubinter Polri, mengungkapkan bahwa Indonesia tidak asing dengan tugas-tugas seperti ini, “Polri telah berkontribusi sejak tahun 1989, dan hingga saat ini Polri telah menugaskan sebanyak 3.374 personel penjaga perdamaian baik sebagai pasukan Formed Police Unit (FPU) maupun Individual Police Officer (IPO).”

Kontingen yang terdiri dari 140 personel ini akan berangkat pada bulan Oktober untuk menggantikan Satgas FPU 5 MINUSCA setelah menjalani proses persiapan yang panjang. “Kontingen Satgas FPU 6 MINUSCA ini akan melaksanakan rotasi menggantikan Satgas FPU 5 MINUSCA yang dalam waktu dekat akan menyelesaikan masa tuganya genap satu tahun di daerah misi,” lanjut Irjen Pol Krishna Murti.

Acara pelepasan dihadiri oleh berbagai pejabat penting negara dan juga para stakeholder yang mendukung program Pemeliharaan Perdamaian PBB dari Polri. Kegiatan ini semakin meriah dengan penampilan kesenian Darak Badarak dari personel Satgas FPU 6 MINUSCA. Kesenian dari Sumatera Barat ini nantinya turut serta mempromosikan kekayaan budaya Indonesia di ajang international event di daerah misi.

Dengan upaya dan kontribusi bertahun-tahun dalam misi Pemeliharaan Perdamaian PBB, Polri berkomitmen untuk terus meningkatkan kiprah dalam menjaga perdamaian dan mempertahankan serta meningkatkan predikat sebagai Top Ten of Police Contributing Country. Kiriman Satgas FPU ke Afrika Tengah ini adalah bukti nyata dari upaya konstan Polri dalam diplomasi dan penjagaan perdamaian global, sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai negara yang aktif dalam upaya perdamaian dunia.

 

Author

  • Dian Kartika Sari

    Dian Kartika Sari merupakan jurnalis ekonomi berpengalaman yang mengkhususkan diri dalam analisis data ekonomi makro Indonesia. Dengan latar belakang di bidang keuangan, ia menawarkan perspektif mendalam tentang tren ekonomi dan kebijakan pemerintah.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Dian Kartika Sari merupakan jurnalis ekonomi berpengalaman yang mengkhususkan diri dalam analisis data ekonomi makro Indonesia. Dengan latar belakang di bidang keuangan, ia menawarkan perspektif mendalam tentang tren ekonomi dan kebijakan pemerintah.