VAKSIN

BEM PTAI Se-Indonesia Dukung Komjen Sigit Jadi Kapolri, Ini Alasannya

Jakarta

Forum Komunikasi Badan Eksekutif Mahasiswa/Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Indonesia mendukung pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Komjen Sigit dinilai sosok reformis dan memiliki banyak prestasi.

“Beliau adalah orang yang reformis dan banyak memiliki prestasi dalam memecahkan kasus, sehingga pantas jika Pak Presiden mengajukkan beliau ke DPR untuk menjadi Kapolri,” kata Presidium Nasional BEM PTAI se- Indonesia Nica Ranu Andika kepada wartawan, Rabu (20/1/2021).

“Dan kami yakin, Pak Sigit adalah orang yang tepat. Di samping itu, beliau merupakan orang yang cekatan dalam menjalankan tugas,” sambungnya.

Komjen Listyo Sigit saat ini menjalani fit and proper test di hadapan Komisi III DPR. Jika nantinya Komjen Sigit lolos dan dilantik, Ranu berharap Polri bisa menjaga terus menjaga keamanan di masyarakat agar stabilitas negara tetap kondusif.

Berikut pernyataan sikap FORKOM BEM/DEMA PTAI SE-INDONESIA:

Indonesia merupakan negara hukum sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945. Negara hukum di antaranya memiliki kelengkapan alat negara, salah satunya yaitu kepolisian.

Dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 5 menyebutkan bahwa, “Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri”.

Hari ini kita mengetahui bersama bahwasannya Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama tunggal sebagai calon Kapolri kepada DPR RI. Dimana DPR RI memiliki tenggat waktu 20 hari untuk kemudian menyetujui atas pengajuan Presiden. Maka dari itu, kami ingin menyampaikan bahwa, siapapun yang menjadi pimpinan tertinggi dalam kepolisian, dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan undang-undang. Secara tegas kami sampaikan dengan catatan sebagai berikut:

1. Forkom BEM/DEMA PTAI se- Indonesia mendukung Komjen pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Calon Kapolri.

2. Forkom BEM/DEMA PTAI se- Indonesia Akan terus mengawal kebijakan aparatur hukum negara yang adil serta wajib berpihak pada kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

3. Forkom BEM/DEMA PTAI se- Indonesia mengapresiasi sikap pemerintah pusat dalam memilih sosok kapolri berdasarkan kompetensi dan kapabilitas.

Jakarta, 19 Januari 2021
FORUM KOMUNIKASI BEM/DEMA PTAI SE- INDONESIA

Nica Ranu Andika
Presidium Nasional BEM PTAI se- Indonesia

(hri/fjp)

Author

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.