NASIONAL NEWS

Kapolri Beberkan Cara Tekan Penularan Covid-19 di Bangkalan Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memaparkan langkah-langkah pengendalian Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur guna menyelamatkan warga dari risiko tingginya penularan yang terjadi saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri hadir bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Maka, yang bisa dilakukan langkah-langkah penyelamatan dari risiko, yaitu menjaga masyarakat jangan sampai tertular, mencegah laju penularan, kecepatan mengetahui kasus positif atau tidak, dan dilakukan vaksinasi,” kata Listyo seperti dilansir dari Antara, Sabtu (19/6/2021).

Dia menuturkan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Bangkalan harus bergerak cepat memaksimalkan 3T (testing, tracing, dan treatment), serta mengoptimalkan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi).

Jenderal Polisi bintang empat itu juga menjelaskan bahwa makin cepat mengetahui masyarakat yang kontak erat maupun kasus aktif, makin meminimalisasi risiko warga tertular Covid-19.

Listyo pun mengingatkan pemerintah daerah untuk meningkatkan sinergitas untuk memudahkan penanganan Covid-19. Pasalnya, peningkatan klaster Covid-19 yang terjadi beberapa waktu lalu, membuat pemerintah mengalami kesulitan.

“Orang yang terlambat ketahuan maka risiko kematian sangat tinggi,” kata dia.

Oleh sebab itu, Listyo menekankan pentingnya sinergitas dengan seluruh pihak dalam penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di wilayah tersebut.

Selain itu, upaya menyelamatkan warga dari virus SARS-CoV-2, yakni dengan mempercepat vaksinasi seperti yang digagas oleh pemerintah Indonesia.

Author

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.