Site icon InformasiBerita

Merayakan Semangat Nusantara Baru: Mengunduh Logo dan Tema Resmi HUT RI Ke-79!

HUT RI Ke-79

Jakarta – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), dengan antusias telah merilis logo dan tema resmi perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT RI Ke-79). Dalam rilis tersebut, logo HUT RI Ke-79 ini tidak hanya melambangkan semangat perayaan tetapi juga diharapkan menjadi simbol persatuan di seluruh penjuru nusantara. Masyarakat dapat mengunduh logo tersebut untuk digunakan dalam berbagai bentuk persembahan kemeriahan, seperti bendera dan spanduk pada acara 17 Agustus, serta banner peringatan Hari Kemerdekaan. Logo tersebut kini dapat diakses dan diunduh oleh masyarakat umum melalui laman resmi pemerintah.

Mengangkat tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”, HUT RI Ke-79 yang akan diperingati pada Sabtu tanggal 17 Agustus 2024, menandai dimulainya beberapa transisi besar di Indonesia, termasuk penyongsongan Ibu Kota baru dan estafet kepemimpinan nasional. Dilambangkan dengan warna merah dan putih yang dikombinasikan membentuk angka 79, logo ini menggambarkan karakteristik yang luwes dan adaptif, serta kokoh seimbang – melambangkan pembangunan Indonesia yang beradaptasi dengan alam dan mempertahankan sumber daya alam.

Selain logo, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut merilis pedoman peringatan HUT RI Ke-79. Surat dari Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek dengan nomor 486/A. A7/TU. 02. 03/2024 tertanggal 7 Agustus 2024 menyajikan panduan lengkap tentang pelaksanaan upacara, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga susunan acaranya. Upacara bendera peringatan HUT RI Ke-79 tingkat pusat akan dilaksanakan di halaman kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta Pusat, dengan harapan upacara dapat berlangsung khidmat dan penuh makna, serta memperkuat rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia.

Identitas dan semangat peringatan tahun ini juga dikuatkan dengan slogan yang dirumuskan sesuai dengan tema besar, “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Hal ini sesuai dengan panduan identitas visual HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikeluarkan oleh Panitia Nasional Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Slogan dan tema ini memberikan gambaran perjuangan dan harapan bagi bangsa Indonesia untuk memasuki era baru dengan semangat persatuan dan kesetaraan, serta tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur yang berpadu dengan alam dan budaya.

Logo peringatan HUT RI Ke-79 yang memberikan gambaran mengenai “Nusantara, Transisi, Adaptif, Kesetaraan, Alam dan Budaya”, serta slogan yang mengalir sejalan dengan tema, memperkuat identitas dan semangat nasionalisme yang ingin disiarkan ke seluruh penjuru tanah air. Tulisan pada logo yang menampilkan angka “79” dan tema atau slogan “Nusantara Baru Indonesia Maju” ditujukan untuk menginspirasi seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama bekerja membangun negara dengan semangat baru Indonesia maju.

Author

Exit mobile version