Site icon InformasiBerita

Optimalisasi Keamanan Pilkada: Patroli Satgas Preventif OMP Cartenz II 2024 Jaga Kondusivitas di Papua Selatan

Patroli Satgas Preventif OMP Cartenz II 2024

Jayapura – Dalam upaya meningkatkan keamanan pada tahapan Pilkada, khususnya menjelang penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan, Satgas Preventif Operasi Mantap Praja Cartenz (OMPC) II 2024 telah mengintensifkan kegiatan patrolinya. Patroli ini merupakan langkah strategis dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah di Papua Selatan.

Pada Selasa (10/09/2024), patroli yang dipimpin oleh Iptu Irwan ini dilakukan secara menyeluruh oleh seluruh personel Satgas Preventif. “Sampai saat ini Satgas Preventif Operasi Mantap Praja Cartenz II 2024 secara rutin melakukan kegiatan patroli. Prioritas sasaran adalah KPU dan Bawaslu Prov. Papua Selatan,” jelas Kompol Nurjanah, Kasatgas Humas.

Patroli yang dijalankan oleh Satgas ini bukan hanya sebatas menjaga kantor KPU dan Bawaslu dari potensi gangguan keamanan, tetapi berkembang lebih luas termasuk memonitor posko pemenangan, kantor partai politik, serta kediaman para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Kompol Nurjanah menegaskan, “Dalam tahapan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, intensitas kegiatan patroli akan kita tingkatkan,”tuturnya.

Langkah-langkah antisipasi kerusuhan dan gangguan khususnya menjelang Pilkada serentak 2024 ini bukan semata-mata tindakan represif, melainkan juga mencakup upaya-upaya sosialisasi keterlibatan masyarakat dalam pengamanan tahapan Pilkada Papua. “Kami mengajak kepada masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dengan turut menciptakan dan menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif,” tutur Kompol Nurjanah.

Strategi Satgas OMP Cartenz dalam mendukung pelaksanaan pengamanan Pilkada diselaraskan dengan upaya preventif lain yang dilakukan oleh Polda Papua, untuk memperkuat koordinasi keamanan dan meningkatkan keamanan dari momen penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur hingga hari pelaksanaan Pilkada. “Ini semua kita lakukan sebagai wujud komitmen Polda Papua untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang aman, damai dan kondusif,” ucap Kasatgas Ops Wil Papua Selatan.

Operasi kepolisian yang dilakukan Satgas Preventif OMP Cartenz II 2024 ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga kondusivitas di Papua Selatan. Patroli ini juga diharapkan dapat mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, dan sekaligus menjamin proses demokrasi yang sehat dan damai.

 

Author

Exit mobile version