Site icon InformasiBerita

Optimalisasi Sinergi Jelang Pilkada: Audiensi Kapolda Kalteng dan PWI Bahas Upaya Penanganan Konflik Sosial

audiensi Kapolda Kalteng dengan PWI

Palangka Raya – Sinergi dan kerjasama antar instansi kembali terjalin kuat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Kali ini, sorotan tertuju pada audiensi antara Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kapolda Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng yang berlangsung di Lobi Mapolda Kalteng, Rabu (11/9/2024).

Kapolda Kalteng yang didampingi oleh Karoops Kombes Pol Dedi Wiratmo, S.IK., M.H., bersama beberapa pejabat utama lainnya, mendiskusikan keterlibatan media dalam upaya menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif. Disebutkan bahwa pada momen vital seperti Pilkada, sinergi antara Polri dan media menjadi faktor penting dalam mengawal demokrasi.

“Irjen Djoko menegaskan, “Oleh karena itu, media sebagai mitra Polri diharapkan dapat mendukung dan menciptakan kamtibmas khususnya menjelang Pilkada serentak tahun 2024 terutama di wilayah Kalteng agar tetap aman dan nyaman.”

Dengan visi yang sama, Kapolda Kalteng menambahkan tugas-tugas utama Polri yang meliputi pemeliharaan keamanan (Harkamtibmas), penegakan hukum yang berkeadilan, serta peran sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Ini berarti setiap potensi gangguan harus diantisipasi sejak dini.

“Untuk mewujudkan harkamtibmas sendiri bisa dilihat dari adanya potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata. Tiga hal inilah yang perlu diantisipasi sehingga tidak menimbulkan permasalahan kamtibmas,” Irjen Djoko menjelaskan pentingnya kepekaan akan indikasi-indikasi gangguan keamanan.

Lebih lanjut, Kapolda mengungkapkan bahwa pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) penanganan konflik sosial (PKS) yang bertujuan untuk meminimalisir konflik yang bisa saja muncul di tengah situasi Pilkada. Kerjasama dengan media, menurutnya, menjadi salah satu kunci operasi satgas PKS.

“Saya berharap kerjasama dari rekan-rekan PWI, karena Polisi tidak bisa bertugas dengan maksimal tanpa adanya bantuan dari media,” tegas Kapolda.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PWI Kalteng M. Zainal menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama. Pendekatan kerjasama ini diharapkan akan berdampak positif terhadap pelaksanaan Pilkada dan situasi keamanan secara keseluruhan.

Mewakili PWI, Zainal juga mengemukakan, “audiensi ini dilaksanakan dalam rangka mempererat silaturahmi, sekaligus memperkuat sinergitas dengan jajaran Kepolisian, khususnya Polda Kalteng.”

Kejelasan tindak lanjut dari audiensi dan kesepakatan yang terjalin antara Kapolda Kalteng dengan PWI ini berpotensi menjadi fondasi yang solid untuk penanganan Kamtibmas menjelang Pilkada, penanganan konflik sosial oleh Polri, serta upaya peningkatan keamanan di wilayah Kalimantan Tengah. Kerjasama antara Polisi dan media, yang diwujudkan dalam sinergi Polda Kalteng dan pers, menjadi teladan sinergisitas yang dapat memainkan peran vital dalam menjaga Harkamtibmas.

 

Author

Exit mobile version