VAKSIN

PD Akan Ajukan 7 Pertanyaan saat Uji Kelayakan Calon Kapolri Komjen Sigit

Jakarta

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR. Partai Demokrat (PD) mengatakan telah menyiapkan 7 pertanyaan kepada Komjen Listyo Sigit.

“Tunggu saja besok pada saatnya, ada 7 pertanyaan yang akan kami sampaikan,” kata Waketum PD Benny K Harman kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Anggota Komisi III DPR RI itu memberikan garis besar yang akan ditanyakan kepada Komjen Listyo Sigit. Menurutnya, Fraksi PD DPR RI akan menyoal isu terkait penegakan hukum, netralitas Polri dalam pemilu, hingga penyelesaian kasus yang mangkrak di Polri.

“Penegakan hukum nondiskriminatif. Netralitas Polri dalam Pemilu dan Pilkada. Pemberantasan kejahatan kemanusiaan seperti korupsi. terorisme, dan narkoba. Kelanjutan reformasi internal kepolisian,” kata Benny.

“Keterlibatan anggota dalam sengketa lahan warga. Dan penyelesaian kasus-kasus yang mangkrak di Mabes Polri,” sambungnya.

Untuk diketahui, uji kelayakan terhadap calon Kapolri akan digelar pada Rabu, 20 Januari 2021. Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengungkapkan calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, akan menyerahkan makalah berisi kebijakan ke depan.

“Rencananya pukul 14.00 WIB hari ini akan digelar rapat pimpinan dan kapoksi dalam rangka mempersiapkan proses fit and proper test calon Kapolri esok hari. Kemudian pada pukul 15.00 WIB rencananya tim ahli dari calon Kapolri akan menyerahkan makalah calon Kapolri kepada Komisi III, yang mana isinya merupakan arah serta kebijakan Kapolri ke depan,” kata Herman kepada wartawan, hari ini.

“Makalah ini akan dipelajari oleh anggota Komisi III sebagai bahan untuk uji kelayakan dan kepatutan,” tambah dia.

(hel/aud)

Author

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.