pengamanan Pilkada Serentak 2024
jaga negeri

Sinergi Strategis TNI-Polri dalam Pengamanan Pilkada Serentak 2024: Upaya Bersama Demi Pemilu Damai di Jateng

Magelang – Sinergi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjadi penentu utama dalam menjamin jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Jawa Tengah agar dapat berlangsung dalam ketertiban dan kedamaian. Komitmen kuat dari kedua institusi ini mencapai titik tertinggi dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) yang digelar di Grand Artos Hotel and Convention Magelang, Senin (12/8/2024). Acara tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh kunci seperti Kapolda Jateng, Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, serta pejabat terkait lainnya dari TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah.

Kapolda Jateng, Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo, dengan tegas menyoroti berbagai tantangan signifikan yang bakal dihadapi dalam Pilkada Serentak 2024, termasuk kemungkinan aksi kampanye hitam, politik uang, disinformasi, dan ancaman polarisasi politik yang dapat mengarah pada kerawanan di masyarakat. Beliau menegaskan, “Kerawanan ini harus kita antisipasi bersama, Polarisasi yang dipicu oleh propaganda, hoaks, dan politik identitas dapat mengancam persatuan bangsa.”

Menyikapi hal tersebut, Kapolda menekankan pentingnya sinergi antara Polri, TNI, dan masyarakat melalui pendekatan yang humanis dan persuasif untuk meredam potensi kerawanan. “Rangkul tokoh masyarakat, akademisi, dan berbagai elemen lainnya untuk menyuarakan Narasi persatuan dan kesatuan,” saran beliau, seraya menambah, “Laksanakan kegiatan yang menyejukkan suasana serta kegiatan sosial yang mampu meningkatkan empati dan kohesi sosial masyarakat.”

Selaras dengan Kapolda, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, menegaskan komitmen TNI akan berdiri di atas netralitas dan tak terlibat dalam politik praktis, siap mendukung Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban. “Kodam IV Diponegoro mengerahkan personel untuk mendukung pengamanan Pilkada di wilayah Jateng. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman dan damai,” ujar Mayjen Deddy Suryadi.

Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo juga menyampaikan pentingnya pengelolaan sosial, media, dan kemitraan sebagai bagian dari strategi komunikasi publik dalam pencegahan krisis. “Komunikasi publik yang baik adalah kunci untuk menjaga ketenangan dan kepercayaan masyarakat,” tegasnya, menyoroti bahwa isu yang dibawa ke publik harus bebas dari konten yang memancing emosi dan disinformasi, ancaman global serius yang dihadapi.

Dengan tujuan mengoptimalkan konten positif untuk membangun partisipasi masyarakat, beliau berpesan, “kita harus optimalkan amplifikasi konten positif yang dapat membangun partisipasi masyarakat dalam mengantisipasi konflik.”

Rakor Linsek menjadi tonggak dalam memperkokoh sinergi TNI, Polri, Pemda dan masyarakat Jawa Tengah, mempersiapkan Pilkada Serentak 2024. Harapan bersama, Pilkada tidak hanya aman dan damai, tetapi juga menjadi pijakan kemajuan demokrasi bagi Indonesia.

 

Author

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.