NASIONAL

Banjir dan Longsor Kepung Kota Sukabumi, BPBD Terjunkan Tim Penanganan

Sukabumi – Personel BPBD Kota Sukabumi membersihkan genangan lumpur pascabanjir dan longsor yang terjadi di sejumlah titik di Kota Sukabumi, Sabtu (27/3).

Catatan yang diperoleh detikcom dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imran Wardhani, genangan air dan longsor terjadi di 13 titik.

“Rekapitulasi kami banjir dan longsor terjadi di 13 titik, saat ini upaya penanganan yang kami lakukan adalah membersihkan genangan sisa-sisa lumpur,” kata Imran kepada detikcom, Minggu (28/3/2021).

Banjir pertama terjadi di Jalan Azminta Azmali RW 9 Sriwidari Ponpes Assirojul Munir. Menurut Imran, banjir disebabkan sungai menyempit dan tidak dapat menampung air akibat curah hujan tinggi.

Banjir juga terjadi di Jalan A Yani No 331 RT 004/007 di sebuah ruko milik warga. “Dampak dari saluran sungai mampet dikarenakan debit aliran sungai yang besar yang masuk ke toko lewat kloset toko. Kemudian banjir akibat sumbatan sampah juga terjadi di Jalan Pabuaran, Dayeuhluhur,” ujar Imran.

Titik banjir lainnya di Jalan Pabuaran Dayeuhuhur, simpang Jalan Kolaberes, simpang Dayeuh Luhur, banjir RT 01/04 Jalan Ciandam, Puskesmas CBM hilir, RT 04/05 genangan air di jalan, Perum Tanjungsari luapan air dari saluran air yang melintas dari RW15, RW6, RW 4.

“Penyebab luapan air yg tersumbat akibat sampah, juga terjadi genangan air meluap ke jalan. Banjir juga tercatat menggenangi 7 rumah warga di Kelurahan Sukakarya, selain itu aliran banjir juga masuk ke PAUD Palasari dan Posyandu di Jalan Palasari Raweuy Utara RT 03 RW 06 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong,” sebut Imran.

Banjir diakibatkan bendungan dan TPT jebol terjadi di Kampung Sindangsari RT 02 RW 4 Bendungan sepanjang 10 meter dan lebar 2 meter, dan TPT panjang 20 meter tinggi 3 meter lebar 30 cm jebol mengakibatkan genangan banjir di kawasan tersebut.

“Untuk kejadian longsor, material tanah menimpa rumah warga di RT 05 RW 13 Cileles Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, sekitar pukul 16.30 WIB. Mengakibatkan tembok belakang rumah jebol dan material longsoran masuk ke dalam rumah,” terang Imran.

Selain baniir dan longsor, sambaran petir mengenai kediaman warga di Kelurahan Sindangsari. Petir menyambar bangunan rumah mengakibatkan puing hancur menimpa bangunan tetangganya.

“Puing dari bangunan tersebut menimpa atap rumah milik tetangga, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun aliran listrik di sekitar lokasi padam akibat korsleting,” papar Imran.

“Hari ini kami mengerahkan petugas BPBD, Satpol – PP dan Damkar. Dibantu aparat unsur wilayah, Polri – TNI dan unsur masyarakat disana. Penanganan genangan lumpur di wilayah Nangleng sudah mulai bersih dan jalan bisa kembali digunakan,” tutup Imra.

Tonton juga Video: Penampakan Banjir Lumpur yang Menghantam Sigi Sulteng

[Gambas:Video 20detik]

(sya/ern)

Author

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.