jaga negeri

Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa dalam Rangka Hari HAM Sedunia Berhadiah Total Lebih dari Rp 150 juta!

JAKARTA – Divisi Humas Polri menggelar lomba orasi unjuk rasa piala Kapolri 2021 yang bakal diselenggarakan pada 10 Desember mendatang, sekaligus peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia.

Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, lomba orasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wadah atau ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku, seperti dikutip Titiktemu dari laman Humas Polri Rabu (24/11).

Baca Juga: Tidak Hanya Borobudur, Ini 7 Destinasi Wisata Magelang yang Indah Bukan Kepalang

Dedi yang mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu, menambahkan  bahwa kegiatan ini merupakan komitmen dari Polri yang sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari hak asasi manusia.

Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan keterangan soal lomba orasi (Humas Polri)

Hal itu sebagaimana dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum.

Kegiatan lomba orasi unjuk rasa ini mengusung tema Memperingati Hari Hak Asasi Manusia, sub tema acara tersebut bersifat bebas.

Baca Juga: Liga Inggris: Liverpool 4-0 Southampton, The Reds Pepet Pemuncak Klasemen Sementara Chelsea

Dedi memastikan bahwa seluruh lapisan masyarakat dapat ikut dalam rangkaian kegiatan lomba ini. Mulai dari mahasiswa, buruh, tani, dan elemen masyarakat lainnya.

Dedi menyebut, peserta nantinya dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik atau pun masukan yang membangun. Ini menjadi salah satu bentuk komitmen Polri dalam mendukung hak menyampaikan pendapat di muka umum.

“Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum,” ujar Dedi.

Baca Juga: Steven Gerrard Sukses Dalam Dua Laga Awal di Liga Premier Inggris, Menyusul Kemenangan atas Crystal Palace

Polri akan menyeleksi peserta lomba di tingkat kepolisian daerah. Peserta yang lolos akan masuk ke tingkat Mabes Polri pada tanggal 10 Desember.

Semua masyarakat boleh ikut, mulai dari mahasiswa, buruh, dan petani. Setiap tim beranggotakan 5 sampai 15 orang.

Baca Juga: Liga Premier Inggris: Catatan Manchester United Lebih Baik, Tetapi Chelsea Lebih Diunggulkan Kali Ini

Pendaftaran lomba orasi dibuka pada 25 November 2021 sampai 30 November 2021. Polri menyiapkan hadiah senilai Rp50 juta untuk juara pertama. Kemudian, Rp30 juta untuk juara kedua dan Rp20 juta bagi peserta juara ketiga.

Akan dipilih juga tujuh peserta favorit dengan masing-masing hadiah Rp 10 juta.

Sumber: TITIKTEMU.CO

Author

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.